• About UGM
  • Academic Portal
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada International Undergraduate Program
Faculty of Law, Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Faculty
    • Message from Dean
    • Vision & Mission
    • Expected Learning Outcomes
    • Deanship
    • Management
    • IUP Profile
  • Admission
    • Why IUP FH UGM
    • How it costs
    • Admission Schedule
    • How to Apply
    • Eligibilities
    • Test Scheme
    • Announcement
    • PRELIMINARY RESULT
    • FAQ
  • Student Form
    • Offline Forms
    • Online Forms
  • Beranda
  • Test Scheme For Second Intake

Test Scheme For Second Intake

  • 15 June 2020, 14.00
  • By : Admin Jr
Day Time Test Material Venue
17 July 2020 07.30 – 10.30 AcEPT (Academic English Proficiency Test) Zoom Meeting
17 July 2020 13.00 – 15.30 GMST (Gadjah Mada Scholastic Test) Zoom Meeting
18 July 2020 08.30 – 11.00 Interview Zoom Meeting
18 July 2020 11.00 – 12.30 Group Discussion Zoom Meeting

Please note that during this Pandemic of Covid-19, Academic English Proficiency Test Universitas Gadjah Mada (AcEPT UGM), Gadjah Mada Scholastic Test (GMST), Interview and Focus Group Discussion (FGD) will be conducted online.

For details how to be able to join the GMST online test please read carefully the information at the following link. or you may read the below procedure and policy:

PROSEDUR DAN PERATURAN PENYELENGGARAAN GMST BERBASIS DARING

SYARAT UMUM

  1. Peserta memiliki kemampuan untuk menjalankan komputer dengan terampil dan tidak memiliki hambatan penglihatan (calon peserta dengan disabilitas akan diberikan perlakuan tersendiri).
  2. Peserta mampu menyediakan perangkat sesuai kriteria yang ditentukan.

PERSYARATAN PERANGKAT

  1. Menyediakan perangkat komputer (PC/laptop) dengan spesifikasi sebagai berikut:
    • ukuran layar monitor minimal 12″,
    • minimal processor dual core 1GHz dan RAM 4GB,
    • sistem operasi Windows(minimal OS Windows 7),
    • memiliki fasilitas audio dan video webcam yang dapat berfungsi dengan baik,
    • memiliki program browser internet (Firefox),
    • mematikan antivirus dan update otomatis sistem Windows pada saat pelaksanaan.
  1. Memiliki akses internet yang lancar dan stabil minimal 4G/10Mbps.
  2. Menyediakan kuota internet yang cukup (minimal 3GB) atau mengakses wifi dari penyedia layanan (provider) yang lancar dan stabil.
  3. Menyediakan telepon pintar yang sudah terinstal aplikasi Whatsapp (WA) sebagai media komunikasi dengan panitia.
  4. Menyediakan meja-kursi dengan latar belakang tembok dengan jarak tidak lebih dari 2 meter.
  5. Meja harus dibersihkan dari barang-barang selain laptop dan alat tulis (pena/pensil dan kertas)
  6. Ruangan tes harus memiliki atau mendapatkan sinar yang terang.
  7. Tersedia UPS (PC) atau pastikan baterai laptop dalam kondisi baik sebagai antisipasi apabila terjadi mati listrik.
  8. Pastikan laptop terhubung dengan daya selama pelaksanaan tes berlangsung.

SOFTWARE PROGRAM

  • Software yang digunakan adalah Safe Exam Browser dan Zoom yang akan berjalan bersamaan. Panduan dan dokumen pendukung akan diinformasikan lebih lanjut kepada peserta.
  • Proses instalasi perangkat dilakukan oleh peserta secara mandiri dan pastikan perangkat siap digunakan paling lambat H-1 pelaksanaan tes.

PERATURAN UMUM PELAKSANAAN

  1. Peserta harus mengerjakan GMST secara mandiri dan tidak dibantu oleh orang lain.
  2. Peserta tidak diperbolehkan mendokumentasikan soal GMST.
  3. Peserta tidak diperbolehkan menyebarluaskan seluruh panduan dan dokumen pendukung GMST.
  4. Peserta tidak diperbolehkan menyimpan seluruh panduan dan dokumen pendukung GMST setelah selesai melaksanakan tes.
  5. Panitia berhak menghentikan proses GMST yang sedang berjalan atau tidak mengeluarkan sertifikat GMST jika mendapati peserta melakukan tindakan kecurangan atau pelanggaran peraturan.

PROSEDUR DAN KETETAPAN SELAMA PELAKSANAAN

  1. Peserta mengenakan kemeja atau blus berwarna putih dan tidak menggunakan topi. Khusus wanita berkerudung disarankan menggunakan kerudung berwarna cerah.
  2. Ketika mengikuti tes peserta sudah menempati meja yang telah disesuaikan dengan persyaratan selama proses tes berlangsung.
  3. Peserta harus masuk online meeting conference tepat waktu sesuai jadwal.
  4. Peserta harus sudah menginstall perangkat yang ditetapkan oleh panitia. Peserta yang belum menginstall akan dikeluarkan dari partisipasi pada hari/sesi itu dan dinyatakan didiskualifikasi.
  5. Peserta diperkenankan menyiapkan pena dan lembar kertas polos untuk keperluan coret-coret.
  6. Peserta dilarang menggunakan alat bantu hitung maupun alat bantu lainnya selama mengerjakan GMST.
  7. Selama mengerjakan peserta menghadap ke layar monitor dengan posisi sesuai dengan aturan (100 persen wajah dan bahu tampak terlihat di layar monitor).
  8. Peserta mematikan microphone selama mengerjakan tes.
  9. Jika terjadi putus koneksi internet pada server maka panitia akan mengulangi proses pelaksanaan GMST setelah koneksi tersambung.
  10. Jika terjadi putus koneksi pada internet, video (webcam), atau audio (microphone dan speaker) pada peserta maka tester akan memutuskan apakah peserta diperbolehkan melanjutkan tes yang sudah dilaksanakan atau tidak, berdasarkan informasi dan data dari Admin IT.
  11. Peserta wajib terhubung dengan panitia melalui Zoom Meeting mulai dari proses verifikasi data sampai dengan selesai pengerjaan tes. Pastikan audio dan video pada Zoom Meeting berfungsi dengan baik.
  12. Peserta yang tidak hadir dalam Zoom Meeting dan tidak melalui proses verifikasi data dinyatakan didiskualifikasi.
  13. Peserta yang mengalami kendala teknis saat pelaksanaan telah dimulai dan kendala tidak dapat diselesaikan dinyatakan didiskualifikasi.

Recent Posts

  • Procedure to get Class Exemption
  • Exchange Program at ASIAN Network University
  • Meiji University – Spring 2019 Exchange Student Program
  • Nagoya University – Nagoya University Program for Academic Exchange (NUPACE) 2019
  • Southeast Asia Winter School 2018: 16 – 20 July 2018
Universitas Gadjah Mada

Office of International Undergraduate Program
Faculty of Law Universitas Gadjah Mada

Jl. Sosio Yustisia No 1, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281
Phone & Fax : +62 274- 512781

e-mail : iup.fh@ugm.ac.id

© 2018 IUP Law Universitas Gadjah Mada

Campus MapFacultyPostgraduate ProgramCareer

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju